PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
VISI
Visi Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah “menjadi Program Studi yang mampu menghasilkan sarjana/pendidik Unggul dalam Pendidikan Bahasa Arab yang dapat memadukan ilmu keislaman, tekhnologi dan ilmu kekinian sehingga memiliki daya saing global”. Visi ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari visi Institut dan Fakultas. Visi Institut Studi Islam Sunan Doe adalah “menjadi perguruan tinggi Islam yang mampu mencetak pendidik profesional, saintis, dan interprener yang berdaya saing global”.
MISI
- Mengembangkan pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan bahasa Arab secara profesional, kompetitif, dan integratif.
- Meningkatkan penelitian dan pengembangan di bidang Pendidikan dan keilmuan bahasa Arab.
- Meningkatkan peran-serta program studi dalam pendidikan dan pengajaran bahasa Arab bagi masyarakat.
- Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi terutama di bidang bahasa Arab.
Dikaitkan dengan Tridharma Perguruan Tinggi, poin 1 merupakan perwujudan dari dharma pendidikan, sebab mewujudkan tenaga kependidikan yang berkualitas dilakukan melalui pengembangan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab. Poin 2 merupakan perwujudan dari dharma penelitian, sebab pengembangan pendidikan dalam bidang bahasa Arab tidak akan dapat dilakukan tanpa melalui penelitian secara intensif, komprehensif dan berkelanjutan seiring dengan tantangan dan perubahan zaman. Sementara itu, poin 3 dan 4 sesuai dengan dharma pengabdian pada masyarakat, sebab memberikan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab kepada masyarakat serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak merupakan salah satu wujud pengabdian Prodi Pendidikan Bahasa Arab kepada masyarakat. Bentuk pengabdian ini tidak terlepas dari bidang pendidikan, sehingga kerjasama yang dilakukan terkait dengan lembaga pendidikan juga seperti sekolah, madrasah dan pesantren.
SEJARAH
Prodi Pendidikan Bahasa Arab merupakan salah satu prodi dari lima prodi yang berada dalam naungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Studi Islam Sunan Doe yang keberadaannya berbarengan dengan lima Prodi lainnya. Sebelum mendapatkan SK pendirian dari Kementerian Agama RI, Prodi Tadri Bahasa Aran dan lima prodi lainnya atau Institut Studi Islam sunan Doe terlebih dulu melehati Visitasi oleh pihak Kementerian agama dan badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN-PT) pada 24 Desember 2018. Pada tanggal 13 November 2019, Institut Studi Islam Sunan Doe resmi diakui secara nasional dengan dikeluarkannya akreditasi minimum oleh BAN-PT dengan nomor SK BAN-PT nomor 61 /SK/BAN-PT/Min-Akred?XI/2019. Izin prodi Pendidikan Bahasa Arab pada Fakultas Tarbiyah sekaligus izin pendirian isn ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 239 Tahun 2020 tertanggal 10 Maret 2020 tentang pendirian Institut Studi Islam Sunan Doe. Berdasarkan SK akreditasi dan pendirian Institut di atas maka dimulailah proses belajar mengajar semenjak 2020.
Tahun ini atau 2025, Institut Studi Islam Sunan Doe terutama Pendidikan Bahasa Arab telah berhasil melulusakan mahasiswa angakatan 2020 dan sekarang memiliki mahasiswa empat angkatan yaitu angkatan tahun ajar 2021-2024.
DOSEN
Prodi Pendidikan Bahasa Arab memiliki SDM atau staf pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan yang mumpuni dibidangnya dan dengan jumlah yang memadai. Semua dosen yang mengajar di Prodi Pendidikan bahasa Arab telah menyelesaikan pendidikan S2 mereka di beberapa kampus ternama. Ada pun jumlah dosen yang mengajar di prodi bahasa Arab terdiri dari Tujuh dosen yang terdiri dari enam dosen tetap dan satu dosen tidak tetap. Jumlah dosen akan diupayakan ditambah sesuai dengan kebutuhan dan jumlah mahasiswa yang diajarkan. Penerimaan calon dosen dilakukan secara teransparan dan terbuka bagi yang memiliki kualifikasi yang sesuai.
- Rahimal Khair,M.Hum
- Remanda Nadia Tamara, M.Pd
- Febria Syifaunnufus, M.Pd
- Mirwan, M.Pd
- Wahid Hasyim M.Hum
- Hidia Tarauni, S.Ag., M.Pd
- Annisa Aprilia, M.Pd
CAPAIAN LULUSAN YANG DIHARAPKAN
- Pengajar/pendidik: professional dan kompetitif yang dibekali dengan berbagai skill dan wawasan pendukung yang akan mampu mendidikan dengan mengedepankan nilai-nilai Islam, budaya, dan kebutuhan terkini.
- Peneliti kebahasaaraban atau peneliti pendidikan yang mampu memberikan sumbangsih yang berharga bagi pengembangan pengajaran bahasa Arab dan pemahaman kitab-kitab/buku-buku berbahasa arab baik yang klasik maupun kontemporer, baik yang mengaju pada keislaman maupun yang lainnya.
- Penceraman atau dai yang memiliki pemahaman bahasa Arab yang mumpuni dan wawasan moderasi beragama
- Pengusaha bidang pendidikan, tour guide, birokrat, maupun tokoh masyarakat lainnya yang memiliki pemahaman agama dan bahasa arab yang memadai.
- Ahli bahasa Arab yang menguasai dasar-dasar bahasa Arab klasik dan modern yang dibarengi dengan pengetahuan dan kemampuan mumpuni.
SEBARAN MATA KULIAH
NO | KODE | MATA KULIAH | Smt | SKS | Ket. |
1 | AR001 | Maharoh Kalam I | 1 | 3 | Wajib |
2 | AR002 | Maharah kalam II | 2 | 3 | Wajib |
3 | AR003 | Maharoh Kalam III | 3 | 3 | Wajib |
4 | AR004 | Maharah Qiraah I | 2 | 2 | Wajib |
5 | AR005 | Maharoh Qiro’ah II | 3 | 3 | Wajib |
6 | AR006 | Maharoh Qiro’ah III | 4 | 2 | Wajib |
7 | AR007 | Maharah Istima’ I | 2 | 3 | Wajib |
8 | AR008 | Maharoh Istima’ II | 3 | 3 | Wajib |
9 | AR009 | Nahwu I | 1 | 3 | Wajib |
10 | AR010 | Nahwu II | 2 | 3 | Wajib |
11 | AR011 | Nahwu III | 3 | 3 | Wajib |
12 | AR012 | Shorof I | 2 | 3 | Wajib |
13 | AR013 | Shorof II | 3 | 2 | Wajib |
14 | AR014 | Maharoh Kitabah I | 1 | 2 | Wajib |
15 | AR015 | Maharah Kitabah II | 2 | 2 | Wajib |
16 | AR016 | Tadribat Lughowiyyah I | 4 | 3 | Wajib |
17 | AR017 | Tadribat Lughowiyyah II | 5 | 3 | Wajib |
18 | AR018 | Balaghah I | 3 | 2 | Wajib |
19 | AR019 | Balaghah II | 4 | 2 | Wajib |
20 | AR020 | Balaghah III | 5 | 2 | Wajib |
21 | AR021 | Tarjamah I | 4 | 2 | Wajib |
22 | AR022 | Tarjamah II | 5 | 2 | Wajib |
23 | AR023 | Mufrodaat | 1 | 2 | Wajib |
24 | AR024 | Tarikh Al-Adab Al-Arabiy | 4 | 2 | Wajib |
25 | AR025 | Al-Arabiyah Lil Athfal | 1 | 2 | Wajib |
26 | AR026 | Al-Arabiyah li Sayahah | 4 | 2 | Wajib |
27 | AR027 | Semantik/ Ilm Dalalah | 5 | 2 | Wajib |
28 | AR028 | Ilmu Mantik | 2 | 2 | Wajib |
29 | AR029 | Al-Lahjat al-Arabiyah | 5 | 2 | Wajib |
30 | AR030 | Mahfudzot | 1 | 2 | Wajib |
31 | AR031 | Manajemen Pendidikan Islam | 3 | 2 | Wajib |
32 | AR032 | Perencanaan Pembelajaran B. Arab | 6 | 2 | Wajib |
33 | AR033 | Kurikulum Pembelajaran B. Arab | 6 | 2 | Wajib |
34 | AR034 | Media Pembelajaran B. Arab | 6 | 2 | Wajib |
35 | AR035 | Problematika Pembelajaran B. Arab | 6 | 3 | Wajib |
36 | AR036 | Pengembangan Pembelajaran B. Arab | 6 | 3 | Wajib |
37 | AR037 | Metode Pembelajaran Khusus Bahasa Arab | 5 | 2 | Wajib |
38 | AR038 | Statistika Pendidikan | 6 | 3 | Wajib |
39 | AR039 | Ilmu Al-Lughah Al-Ijtima’ (Sosilinguistik) | 5 | 2 | Pilihan |
40 | AR040 | Pragmatik | 6 | 2 | Pilihan |
41 | AR041 | Ilmu Al-Lughah An-Nafsi (Psikolinguistik) | 7 | 2 | Pilihan |
42 | AR042 | I’jaz Al-Qur’an | 7 | 2 | Pilihan |
43 | AR043 | Studi Budaya Arab | 6 | 2 | Pilihan |
44 | AR043 | Proposal Skripsi | 7 | 2 | Wajib |
45 | AR044 | Filsafat Ilmu | 4 | 2 | Pilihan |
MK Fakultas | |||||
NO | KODE | MATA KULIAH | Smt | SKS | Ket. |
1 | FTB01 | Psikologi Pendidikan | 3 | 2 | Wajib |
2 | FTB02 | Microteching | 4 | 2 | Wajib |
5 | FTB03 | Landasan Pendidikan/Profesi Keguruan | 5 | 2 | Wajib |
3 | FTB04 | Evaluasi Pendidikan | 5 | 2 | Wajib |
4 | FTB05 | PPL | 7 | 4 | Wajib |
6 | FTB06 | Statistika Pendidikan | |||
MK Institut | |||||
NO | KODE | MATA KULIAH | Smt | SKS | Ket. |
1 | ISD001 | English For Communication | 1 | 2 | Wajib |
2 | ISD002 | Bahasa Arab | 1 | 2 | Wajib |
3 | ISD003 | Information Technology (IT) | 1 | 2 | Wajib |
4 | ISD004 | Aqidah Akhlaq | 1 | 2 | Wajib |
5 | ISD005 | Fiqih dan Tasawuf | 2 | 2 | Wajib |
6 | ISD006 | Pengembangan Karakter Islam | 3 | 2 | Wajib |
7 | ISD007 | Tahfidz dan Dakwah | 3 | 2 | Wajib |
8 | ISD008 | Al-Qur’an dan Hadist | 4 | 2 | Wajib |
9 | ISD009 | Entrepreneurship | 4 | 2 | Wajib |
10 | ISD010 | Pengantar Studi Islam | 5 | 2 | Wajib |
11 | ISD011 | Analisis Masalah Kebutuhan Masyarakat | 3 | 2 | Wajib |
12 | ISD012 | English for Specific Purpose | 5 | 2 | Wajib |
13 | ISD013 | Metodologi Penelitian | 4 | 3 | Wajib |
14 | ISD014 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 7 | 4 | Wajib |
15 | ISD015 | Skripsi | 8 | 6 | Wajib |
16 | ISD016 | Enterpreneur I | 2 | 3 | |
MK Nasional | |||||
NO | KODE | MATA KULIAH | Smt | SKS | Ket. |
NA001 | Kewarganegaraan dan Anti Korupsi | 1 | 2 | Wajib | |
NA002 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | Wajib |