PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

VISI

Visi Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah “menjadi Program Studi yang mampu menghasilkan sarjana/pendidik Unggul  dalam Pendidikan Bahasa Arab yang dapat memadukan ilmu keislaman, tekhnologi dan ilmu kekinian sehingga memiliki daya saing global”. Visi ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari visi Institut dan Fakultas. Visi Institut Studi Islam   Sunan Doe adalah “menjadi perguruan tinggi Islam yang mampu mencetak pendidik profesional, saintis, dan interprener yang berdaya saing global.

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan  bahasa Arab secara profesional, kompetitif, dan integratif.
  2. Meningkatkan penelitian dan pengembangan di bidang Pendidikan dan  keilmuan bahasa Arab.
  3. Meningkatkan peran-serta program studi dalam pendidikan dan pengajaran bahasa Arab bagi masyarakat.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam  melaksanakan tridarma perguruan tinggi terutama di bidang bahasa Arab.

Dikaitkan dengan Tridharma Perguruan Tinggi, poin 1 merupakan perwujudan dari dharma pendidikan, sebab mewujudkan tenaga kependidikan yang berkualitas dilakukan melalui pengembangan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab. Poin 2 merupakan perwujudan dari dharma penelitian, sebab pengembangan pendidikan dalam bidang bahasa Arab tidak akan dapat dilakukan tanpa melalui penelitian secara intensif, komprehensif dan berkelanjutan seiring dengan tantangan dan perubahan zaman. Sementara itu, poin 3 dan 4 sesuai dengan dharma pengabdian pada masyarakat, sebab memberikan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab kepada masyarakat serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak merupakan salah satu wujud pengabdian Prodi Pendidikan Bahasa Arab kepada masyarakat. Bentuk pengabdian ini tidak terlepas dari bidang pendidikan, sehingga kerjasama yang dilakukan terkait dengan lembaga pendidikan juga seperti sekolah, madrasah dan pesantren.

SEJARAH

Prodi Pendidikan Bahasa Arab merupakan salah satu prodi dari lima prodi yang berada dalam naungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Studi Islam Sunan Doe yang keberadaannya berbarengan dengan lima Prodi lainnya. Sebelum mendapatkan SK pendirian dari Kementerian Agama RI, Prodi Tadri Bahasa Aran dan lima prodi lainnya atau Institut Studi Islam sunan Doe terlebih dulu melehati Visitasi oleh pihak Kementerian agama dan badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN-PT) pada 24 Desember 2018. Pada tanggal 13 November 2019, Institut  Studi Islam Sunan Doe resmi diakui secara nasional dengan dikeluarkannya akreditasi minimum oleh BAN-PT dengan nomor SK BAN-PT nomor 61 /SK/BAN-PT/Min-Akred?XI/2019. Izin prodi Pendidikan Bahasa Arab pada Fakultas Tarbiyah sekaligus izin pendirian isn ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 239 Tahun 2020 tertanggal 10 Maret 2020  tentang pendirian Institut Studi Islam Sunan Doe. Berdasarkan SK akreditasi dan pendirian Institut di atas maka dimulailah proses belajar mengajar semenjak 2020.

Tahun ini atau 2025, Institut Studi Islam Sunan Doe terutama Pendidikan Bahasa Arab telah berhasil melulusakan mahasiswa angakatan 2020 dan sekarang memiliki mahasiswa empat angkatan yaitu angkatan tahun ajar 2021-2024.

DOSEN

Prodi Pendidikan Bahasa Arab memiliki SDM atau staf pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan yang mumpuni dibidangnya dan dengan jumlah yang memadai. Semua dosen yang mengajar di Prodi Pendidikan bahasa Arab telah menyelesaikan pendidikan S2  mereka di beberapa kampus ternama. Ada pun jumlah dosen yang mengajar di prodi bahasa Arab terdiri dari Tujuh dosen yang terdiri dari enam dosen tetap dan satu dosen tidak tetap. Jumlah dosen akan diupayakan ditambah sesuai dengan kebutuhan dan jumlah mahasiswa yang diajarkan. Penerimaan calon dosen dilakukan secara teransparan dan terbuka bagi yang memiliki kualifikasi yang sesuai.

  1. Rahimal Khair,M.Hum
  2. Remanda Nadia Tamara, M.Pd
  3. Febria Syifaunnufus, M.Pd
  4. Mirwan, M.Pd
  5. Wahid Hasyim M.Hum
  6. Hidia Tarauni, S.Ag., M.Pd
  7. Annisa Aprilia, M.Pd
 

CAPAIAN LULUSAN YANG DIHARAPKAN

  1. Pengajar/pendidik: professional dan kompetitif yang dibekali dengan berbagai skill dan wawasan pendukung yang akan mampu mendidikan dengan mengedepankan nilai-nilai Islam, budaya, dan kebutuhan terkini.
  2. Peneliti kebahasaaraban atau peneliti pendidikan yang mampu memberikan sumbangsih yang berharga bagi pengembangan pengajaran bahasa Arab dan pemahaman kitab-kitab/buku-buku berbahasa arab baik yang klasik maupun kontemporer, baik yang mengaju pada keislaman maupun yang lainnya.
  3. Penceraman atau dai yang memiliki pemahaman bahasa Arab yang mumpuni dan wawasan moderasi beragama
  4. Pengusaha bidang pendidikan, tour guide, birokrat, maupun tokoh masyarakat lainnya yang memiliki pemahaman agama dan bahasa arab yang memadai.
  5. Ahli bahasa Arab yang menguasai dasar-dasar bahasa Arab klasik dan modern yang dibarengi dengan pengetahuan dan kemampuan mumpuni.


SEBARAN MATA KULIAH

NO KODE MATA KULIAH  Smt SKS Ket.
1 AR001 Maharoh Kalam I 1 3 Wajib
2 AR002 Maharah kalam II 2 3 Wajib
3 AR003 Maharoh Kalam III 3 3 Wajib
4 AR004 Maharah Qiraah I 2 2 Wajib
5 AR005 Maharoh Qiro’ah II 3 3 Wajib
6 AR006 Maharoh Qiro’ah III 4 2 Wajib
7 AR007 Maharah Istima’ I 2 3 Wajib
8 AR008 Maharoh Istima’ II 3 3 Wajib
9 AR009 Nahwu I 1 3 Wajib
10 AR010 Nahwu II 2 3 Wajib
11 AR011 Nahwu III 3 3 Wajib
12 AR012 Shorof I 2 3 Wajib
13 AR013 Shorof II 3 2 Wajib
14 AR014 Maharoh Kitabah I 1 2 Wajib
15 AR015 Maharah Kitabah II 2 2 Wajib
16 AR016 Tadribat Lughowiyyah I 4 3 Wajib
17 AR017 Tadribat Lughowiyyah II 5 3 Wajib
18 AR018 Balaghah I 3 2 Wajib
19 AR019 Balaghah II 4 2 Wajib
20 AR020 Balaghah III 5 2 Wajib
21 AR021 Tarjamah I 4 2 Wajib
22 AR022 Tarjamah II 5 2 Wajib
23 AR023 Mufrodaat 1 2 Wajib
24 AR024 Tarikh Al-Adab Al-Arabiy 4 2 Wajib
25 AR025 Al-Arabiyah Lil Athfal 1 2 Wajib
26 AR026 Al-Arabiyah li Sayahah  4 2 Wajib
27 AR027 Semantik/ Ilm Dalalah 5 2 Wajib
28 AR028 Ilmu Mantik 2 2 Wajib
29 AR029 Al-Lahjat al-Arabiyah 5 2 Wajib
30 AR030 Mahfudzot 1 2 Wajib
31 AR031 Manajemen Pendidikan Islam 3 2 Wajib
32 AR032 Perencanaan Pembelajaran B. Arab 6 2 Wajib
33 AR033 Kurikulum Pembelajaran B. Arab 6 2 Wajib
34 AR034 Media Pembelajaran B. Arab 6 2 Wajib
35 AR035 Problematika Pembelajaran B. Arab 6 3 Wajib
36 AR036 Pengembangan Pembelajaran B. Arab 6 3 Wajib
37 AR037 Metode Pembelajaran Khusus Bahasa Arab 5 2 Wajib
38 AR038 Statistika Pendidikan 6 3 Wajib
39 AR039 Ilmu Al-Lughah Al-Ijtima’ (Sosilinguistik) 5 2 Pilihan
40 AR040 Pragmatik 6 2 Pilihan
41 AR041 Ilmu Al-Lughah An-Nafsi (Psikolinguistik) 7 2 Pilihan
42 AR042 I’jaz Al-Qur’an 7 2 Pilihan
43 AR043 Studi Budaya Arab 6 2 Pilihan
44 AR043 Proposal Skripsi 7 2 Wajib
45 AR044 Filsafat Ilmu 4 2 Pilihan
           
MK Fakultas
NO KODE MATA KULIAH  Smt SKS Ket.
1 FTB01 Psikologi Pendidikan 3 2 Wajib
2 FTB02 Microteching  4 2 Wajib
5 FTB03 Landasan Pendidikan/Profesi Keguruan 5 2 Wajib
3 FTB04 Evaluasi Pendidikan 5 2 Wajib
4 FTB05 PPL 7 4 Wajib
6 FTB06 Statistika Pendidikan      
           
MK Institut
NO KODE MATA KULIAH  Smt SKS Ket.
1 ISD001 English For Communication 1 2 Wajib
2 ISD002 Bahasa Arab 1 2 Wajib
3 ISD003 Information Technology (IT) 1 2 Wajib
4 ISD004 Aqidah Akhlaq 1 2 Wajib
5 ISD005 Fiqih dan Tasawuf 2 2 Wajib
6 ISD006 Pengembangan Karakter Islam 3 2 Wajib
7 ISD007 Tahfidz dan Dakwah 3 2 Wajib
8 ISD008 Al-Qur’an dan Hadist 4 2 Wajib
9 ISD009 Entrepreneurship 4 2 Wajib
10 ISD010 Pengantar Studi Islam 5 2 Wajib
11 ISD011 Analisis Masalah Kebutuhan Masyarakat 3 2 Wajib
12 ISD012 English for Specific Purpose 5 2 Wajib
13 ISD013 Metodologi Penelitian 4 3 Wajib
14 ISD014 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 7 4 Wajib
15 ISD015 Skripsi 8 6 Wajib
16 ISD016 Enterpreneur I 2 3  
           
           
MK Nasional
NO KODE MATA KULIAH  Smt SKS Ket.
  NA001 Kewarganegaraan dan Anti Korupsi 1 2 Wajib
  NA002 Bahasa Indonesia 2 2 Wajib