PROFIL PROGRAM STUDI TADRIS IPS

VISI

Menjadi Program Studi Unggulan Di Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial Yang Mampu Melahirkan Pendidik Profesional, Ilmuwan Sosial, Serta Wirausahawan Dengan Daya Saing Global Yang Berlandaskan Pada Nilai-Nilai Islam


MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran IPS yang profesional, integratif, dan berbasis teknologi untuk membentuk pendidik yang kompeten, beretika, dan berwawasan global.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan berbasis pada nilai-nilai keislaman.
  3. Mendorong pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan sosial yang berorientasi pada transformasi dan keadilan sosial.
  4. Membentuk lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan sosial (sociopreneurship) dengan karakter islami, kreatif, dan adaptif terhadap perubahan global.
  5. Menjalin kerja sama strategis dengan berbagai institusi pendidikan, penelitian, dan industri baik di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka peningkatan mutu tridharma perguruan tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian sebagai pendidik IPS yang unggul dan islami.
  2. Menghasilkan karya penelitian di bidang sosial yang inovatif, aplikatif, dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat.
  3. Mengimplementasikan ilmu sosial dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan untuk menciptakan solusi sosial berbasis nilai Islam.
  4. Mewujudkan lulusan yang mandiri dan mampu menciptakan peluang usaha di bidang sosial, pendidikan, dan kewirausahaan.
  5. Terwujudnya program studi yang unggul dan bereputasi melalui kerja sama dan jaringan kemitraan dalam dan luar negeri.

SASARAN

  1. Peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia.
  2. Perluasan kesempatan dan akses untuk peningkatan kualifikasi pendidikan bagi dosen.
  3. Peningkatan mutu layanan akademik.
  4. Pembinaan dan pengembangan lingkungan kehidupan kemahasiswaan.
  5. Peningkatan mutu proses pembelajaran.
  6. Peningkatan dan pembaharuan fasilitas pembelajaran.
  7. Pembaruan sistem manajemen prodi secara berkelanjutan.
  8. Peningkatan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana prodi.
  9. Pengembangan dan penyempurnaan sistem penjaminan mutu prodi.
  10. Peningkatan kemitraan dengan stakeholders
  11. Peningkatan mutu pembinaan mahasiswa.
  12. Peningkatan mutu penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  13. Pengembangan dan penerapan teknologi informasi dalam penyelenggaraan kegiatan akademik dan manajemen akademik.

PROFIL LULUSAN PRODI

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

1

Pendidik/Praktisi Pendidikan

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung            jawab                             sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Pendidikan IPS pada sekolah/madrasah (SMP/MTs) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan

keahlian.

2

Peneliti

Sarjana pendidikan IPS yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai peneliti dalam bidang Pendidikan IPS yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika

keislaman, keilmuan dan keahlian.

3

Pengembang Bahan Ajar

Sarjana pendidikan IPS yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan IPS pada sekolah/madrasah (SD/MI dan SMP/MTs) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan

ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

4

Entrepreneur

Sarjana pendidikan IPS yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai entrepreneur Pendidikan                   IPS pada            dunia     kerja          yang     berkepribadian     baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan

keahlian.


CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

SIKAP

  1. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ASPEK KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang tadris bahasa inggris;
  2. Mampu bekerja dalam tim dengan memanfaatkan pengetahuan pada bidang tadris bahasa inggris baik secara mandiri atau kelompok;
  3. Mampu mempertanggungjawabkan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang bahasa inggris secara sahih dan jujur;
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi yang dilandasi nilai kejujuran dan kecendekiaan;
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang tadris bahasa inggris berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, atau desain;
  7. Mampu menyusun deskripsi hasil kajian di bidang bahasa Inggris dalam bentuk skripsi, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  8. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa Inggris berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  9. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  10. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mengaplikasikan teknologi dan memanfaatkan IPTEK dalam pembelajaran bahasa Inggris yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills)
  2. Mampu berkomunikasi dengan jelas dan koheren dalam kaitannya dengan tadris bahasa Inggris;
  3. Mampu menerapkan pendekatan dan metode pembelajaran bahasa Inggris yang bermakna, kontektual, menyenangkan dan mendidik serta bermutu.
  4. Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran bahasa inggris dan mampu memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan sumber primer dan sekunder;
  5. Mampu menguasai secara teoritis dan mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi;
  6. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang terkait dengan tadris bahasa Inggris dan terapannya dan mempresentasikan atau mempublikasikannya melalui forum seminar atau jurnal ilmiah, yang dilandasi nilai-nilai kejujuran dan bertanggungjawab.

STANDAR KOMPETENSI ASPEK PENGETAHUAN UMUM

  1. Memiliki pengetahuan terkait wawasan Islami, kebangsaan, dan kewarganegaraan
  2. Memiliki pengetahuan terkait kajian pendidkan secara global dan Islami.
  3. Memiliki pengetahuan mengenai manajemen pendidikan dan pengelolaan kelas
  4. Memiliki pengetahuan mengenai kode dan etik profesi keguruan.
  5. Menguasai teori dan metodologi riset dalam bidang pendidikan dan keislaman
  6. Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  7. Memiliki pengetahuan terkait cara mengemukakan gagasan ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

STANDAR KOMPETENSI ASPEK PENGETAHUAN KHUSUS

  1. Mengetahui tentang teori pendidikan dan pedagogi secara umum dan spesifik untuk kepentingan tadris IPS.
  2. Mengetahui pengetahuan tentang ilmu IPS (ekonomi, Sejarah, geografi, sosiologi).
  3. Menguasai ilmu-ilmu IPS yang mencakup unsur-unsur ekonomi, kemasyarakatan dan Sejarah dunia.
  4. Menguasai teori, metode, strategi dan langkah pengembangan desain pembelajaran pada tadris IPS.
  5. Menguasai teori, metode, langkah pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran pada tadris IPS.
  6. Menguasai teori dan tekhnik evaluasi pembelajaran pada tadris IPS.
  7. Menguasai teori pengembangan kurikulum pada tadris IPS
  8. Memiliki pengetahuan dasar yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

SEBARAN MATA KULIAH

SEMESTER I

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

NA001

Kewarganegaraan dan Anti Korupsi

2

2

FT001

Psikologi Pendidikan

2

3

ISD001

English For Communication

2

4

ISD002

Bahasa Arab

2

5

ISD003

Information Technology (IT)

2

6

ISD004

Aqidah Akhlak

2

7

IS006

Hidrologi

2

8

IS001

Dasar dan Konsep IPS

2

9

IS002

Ekonomi Mikro

2

10

IS003

Pengantar Sosiologi

2

11

IS004

Sejarah Indonesia

2

12

IS005

Pengantar Pendidikan

2

 

JUMLAH SKS

24

SEMESTER II

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

NA002

Bahasa Indonesia

2

2

ISD005

Fiqih dan Tasawuf

2

3

ISD012

English for specific Purpose (ESP)

2

4

FT007

Profesi Keguruan

2

5

IS007

geografi regional Indonesia

2

6

IS008

Sejarah Dunia

2

7

IS011

Multicultural dan Integrasional

2

8

IS012

Sosiologi Pendidikan

2

9

IS013

Kearifan Lokal dan Etika Lingkungan

3

10

IS015

Ekonomi Makro

2

11

IS028

Demografi

2

 

Jumlah SKS

23

SEMESTER III

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

ISD006

Pengembangan Karakter Islam

2

2

ISD007

Tahfidz dan Dakwah

2

3

ISD016

Pengantar Entrepreneurship

2

4

IS017

Sosiologi Pembangunan

2

5

IS021

Tata Ruang dan Perencanaan Wilayah

3

6

IS022

Media Pembelajaran IPS

3

7

IS027

Pengantar Antropologi

2

8

IS047

Komunikasi Politik

2

9

IS049

Strategi Pembelajaran IPS

2

10

IS051

pengembangan kurikulum IPS

3

 

Jumlah SKS

23

SEMESTER IV

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

ISD008

Al Ǫur’an dan Hadits

2

2

ISD009

Entrepreneurship

2

3

IS020

Sosiologi politik

2

4

IS024

Geo Pariwisata

2

5

IS029

Pengembangan Program pembelajaran IPS

3

6

IS030

Teori-Teori Sosial

2

7

IS033

Sejarah Kebudayaan Indonesia

2

8

IS034

Perkembangan Peserta Didik

2

9

IS037

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

2

10

IS052

Kajian media social

2

11

IS009

ANALISIS RISET PASAR

 2

 

Jumlah SKS

23

SEMESTER V

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

ISD010

Pengantar Studi Islam/Filsafat Islam

2

2

FT004

Evaluasi Pendidikan

2

3

FT008

Statistika

3

4

IS010

Sistem Informasi Geografi (SIG)

2

5

IS026

SDA (Sumber Daya Alam)

2

6

IS031

Ekonomi Pembangunan

2

7

IS036

Sistem Politik Indonesia

2

8

IS038

Sejarah Ketatanegaraan RI

2

9

IS041

Sistem Sosial Indonesia

2

10

IS050

E-Learning IPS

2

 

Jumlah SKS

21

SEMESTER VI

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

ISD011

Analisis Masalah & Kebutuhan Masyarakat

2

2

ISD013

Metodologi Penelitian

3

3

FT002

Microteaching

2

4

IS019

kajian Buku text IPS

2

5

IS040

Ekonomi Koperasi

4

6

IS042

Sosiologi Organisasi

2

7

IS043

ekonomi Hukum dagang*

2

8

IS044

Meteorologi dan Klimatologi

2

 

IS045

Sejarah Budaya Lokal*

2

 

Jumlah SKS

19

SEMESTER VII

NO

 

 

SKS

1

FT005

PPL

4

2

ISD014

KKN

4

 

Jumlah SKS

8

SEMESTER VIII

NO

 

 

SKS

1

ISD015

Skripsi

6

 

Jumlah SKS

6

Total

148