PROFIL PROGRAM STUDI TADRIS IPS
VISI
Menjadi Program Studi Unggulan Di Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial Yang Mampu Melahirkan Pendidik Profesional, Ilmuwan Sosial, Serta Wirausahawan Dengan Daya Saing Global Yang Berlandaskan Pada Nilai-Nilai Islam
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran IPS yang profesional, integratif, dan berbasis teknologi untuk membentuk pendidik yang kompeten, beretika, dan berwawasan global.
- Mengembangkan penelitian dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan berbasis pada nilai-nilai keislaman.
- Mendorong pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan sosial yang berorientasi pada transformasi dan keadilan sosial.
- Membentuk lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan sosial (sociopreneurship) dengan karakter islami, kreatif, dan adaptif terhadap perubahan global.
- Menjalin kerja sama strategis dengan berbagai institusi pendidikan, penelitian, dan industri baik di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka peningkatan mutu tridharma perguruan tinggi.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian sebagai pendidik IPS yang unggul dan islami.
- Menghasilkan karya penelitian di bidang sosial yang inovatif, aplikatif, dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat.
- Mengimplementasikan ilmu sosial dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan untuk menciptakan solusi sosial berbasis nilai Islam.
- Mewujudkan lulusan yang mandiri dan mampu menciptakan peluang usaha di bidang sosial, pendidikan, dan kewirausahaan.
- Terwujudnya program studi yang unggul dan bereputasi melalui kerja sama dan jaringan kemitraan dalam dan luar negeri.
SASARAN
- Peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia.
- Perluasan kesempatan dan akses untuk peningkatan kualifikasi pendidikan bagi dosen.
- Peningkatan mutu layanan akademik.
- Pembinaan dan pengembangan lingkungan kehidupan kemahasiswaan.
- Peningkatan mutu proses pembelajaran.
- Peningkatan dan pembaharuan fasilitas pembelajaran.
- Pembaruan sistem manajemen prodi secara berkelanjutan.
- Peningkatan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana prodi.
- Pengembangan dan penyempurnaan sistem penjaminan mutu prodi.
- Peningkatan kemitraan dengan stakeholders
- Peningkatan mutu pembinaan mahasiswa.
- Peningkatan mutu penelitian dan pengabdian pada masyarakat
- Pengembangan dan penerapan teknologi informasi dalam penyelenggaraan kegiatan akademik dan manajemen akademik.
PROFIL LULUSAN PRODI
No |
Profil Lulusan |
Deskripsi Profil Lulusan |
1 |
Pendidik/Praktisi Pendidikan |
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Pendidikan IPS pada sekolah/madrasah (SMP/MTs) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
2 |
Peneliti |
Sarjana pendidikan IPS yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai peneliti dalam bidang Pendidikan IPS yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
3 |
Pengembang Bahan Ajar |
Sarjana pendidikan IPS yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan IPS pada sekolah/madrasah (SD/MI dan SMP/MTs) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
4 |
Entrepreneur |
Sarjana pendidikan IPS yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai entrepreneur Pendidikan IPS pada dunia kerja yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI
SIKAP
- bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ASPEK KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang tadris bahasa inggris;
- Mampu bekerja dalam tim dengan memanfaatkan pengetahuan pada bidang tadris bahasa inggris baik secara mandiri atau kelompok;
- Mampu mempertanggungjawabkan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang bahasa inggris secara sahih dan jujur;
- Memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi yang dilandasi nilai kejujuran dan kecendekiaan;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang tadris bahasa inggris berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, atau desain;
- Mampu menyusun deskripsi hasil kajian di bidang bahasa Inggris dalam bentuk skripsi, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa Inggris berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
- Mampu mengaplikasikan teknologi dan memanfaatkan IPTEK dalam pembelajaran bahasa Inggris yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills)
- Mampu berkomunikasi dengan jelas dan koheren dalam kaitannya dengan tadris bahasa Inggris;
- Mampu menerapkan pendekatan dan metode pembelajaran bahasa Inggris yang bermakna, kontektual, menyenangkan dan mendidik serta bermutu.
- Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran bahasa inggris dan mampu memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan sumber primer dan sekunder;
- Mampu menguasai secara teoritis dan mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi;
- Mampu menghasilkan karya ilmiah yang terkait dengan tadris bahasa Inggris dan terapannya dan mempresentasikan atau mempublikasikannya melalui forum seminar atau jurnal ilmiah, yang dilandasi nilai-nilai kejujuran dan bertanggungjawab.
STANDAR KOMPETENSI ASPEK PENGETAHUAN UMUM
- Memiliki pengetahuan terkait wawasan Islami, kebangsaan, dan kewarganegaraan
- Memiliki pengetahuan terkait kajian pendidkan secara global dan Islami.
- Memiliki pengetahuan mengenai manajemen pendidikan dan pengelolaan kelas
- Memiliki pengetahuan mengenai kode dan etik profesi keguruan.
- Menguasai teori dan metodologi riset dalam bidang pendidikan dan keislaman
- Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
- Memiliki pengetahuan terkait cara mengemukakan gagasan ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
STANDAR KOMPETENSI ASPEK PENGETAHUAN KHUSUS
- Mengetahui tentang teori pendidikan dan pedagogi secara umum dan spesifik untuk kepentingan tadris IPS.
- Mengetahui pengetahuan tentang ilmu IPS (ekonomi, Sejarah, geografi, sosiologi).
- Menguasai ilmu-ilmu IPS yang mencakup unsur-unsur ekonomi, kemasyarakatan dan Sejarah dunia.
- Menguasai teori, metode, strategi dan langkah pengembangan desain pembelajaran pada tadris IPS.
- Menguasai teori, metode, langkah pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran pada tadris IPS.
- Menguasai teori dan tekhnik evaluasi pembelajaran pada tadris IPS.
- Menguasai teori pengembangan kurikulum pada tadris IPS
- Memiliki pengetahuan dasar yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
SEBARAN MATA KULIAH
SEMESTER I |
|||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
NA001 |
Kewarganegaraan dan Anti Korupsi |
2 |
2 |
FT001 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
3 |
ISD001 |
English For Communication |
2 |
4 |
ISD002 |
Bahasa Arab |
2 |
5 |
ISD003 |
Information Technology (IT) |
2 |
6 |
ISD004 |
Aqidah Akhlak |
2 |
7 |
IS006 |
Hidrologi |
2 |
8 |
IS001 |
Dasar dan Konsep IPS |
2 |
9 |
IS002 |
Ekonomi Mikro |
2 |
10 |
IS003 |
Pengantar Sosiologi |
2 |
11 |
IS004 |
Sejarah Indonesia |
2 |
12 |
IS005 |
Pengantar Pendidikan |
2 |
JUMLAH SKS |
24 |
||
SEMESTER II |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
NA002 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
ISD005 |
Fiqih dan Tasawuf |
2 |
3 |
ISD012 |
English for specific Purpose (ESP) |
2 |
4 |
FT007 |
Profesi Keguruan |
2 |
5 |
IS007 |
geografi regional Indonesia |
2 |
6 |
IS008 |
Sejarah Dunia |
2 |
7 |
IS011 |
Multicultural dan Integrasional |
2 |
8 |
IS012 |
Sosiologi Pendidikan |
2 |
9 |
IS013 |
Kearifan Lokal dan Etika Lingkungan |
3 |
10 |
IS015 |
Ekonomi Makro |
2 |
11 |
IS028 |
Demografi |
2 |
Jumlah SKS |
23 |
||
SEMESTER III |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
ISD006 |
Pengembangan Karakter Islam |
2 |
2 |
ISD007 |
Tahfidz dan Dakwah |
2 |
3 |
ISD016 |
Pengantar Entrepreneurship |
2 |
4 |
IS017 |
Sosiologi Pembangunan |
2 |
5 |
IS021 |
Tata Ruang dan Perencanaan Wilayah |
3 |
6 |
IS022 |
Media Pembelajaran IPS |
3 |
7 |
IS027 |
Pengantar Antropologi |
2 |
8 |
IS047 |
Komunikasi Politik |
2 |
9 |
IS049 |
Strategi Pembelajaran IPS |
2 |
10 |
IS051 |
pengembangan kurikulum IPS |
3 |
Jumlah SKS |
23 |
||
SEMESTER IV |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
ISD008 |
Al Ǫur’an dan Hadits |
2 |
2 |
ISD009 |
Entrepreneurship |
2 |
3 |
IS020 |
Sosiologi politik |
2 |
4 |
IS024 |
Geo Pariwisata |
2 |
5 |
IS029 |
Pengembangan Program pembelajaran IPS |
3 |
6 |
IS030 |
Teori-Teori Sosial |
2 |
7 |
IS033 |
Sejarah Kebudayaan Indonesia |
2 |
8 |
IS034 |
Perkembangan Peserta Didik |
2 |
9 |
IS037 |
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) |
2 |
10 |
IS052 |
Kajian media social |
2 |
11 |
IS009 |
ANALISIS RISET PASAR |
2 |
Jumlah SKS |
23 |
||
SEMESTER V |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
ISD010 |
Pengantar Studi Islam/Filsafat Islam |
2 |
2 |
FT004 |
Evaluasi Pendidikan |
2 |
3 |
FT008 |
Statistika |
3 |
4 |
IS010 |
Sistem Informasi Geografi (SIG) |
2 |
5 |
IS026 |
SDA (Sumber Daya Alam) |
2 |
6 |
IS031 |
Ekonomi Pembangunan |
2 |
7 |
IS036 |
Sistem Politik Indonesia |
2 |
8 |
IS038 |
Sejarah Ketatanegaraan RI |
2 |
9 |
IS041 |
Sistem Sosial Indonesia |
2 |
10 |
IS050 |
E-Learning IPS |
2 |
Jumlah SKS |
21 |
||
SEMESTER VI |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
ISD011 |
Analisis Masalah & Kebutuhan Masyarakat |
2 |
2 |
ISD013 |
Metodologi Penelitian |
3 |
3 |
FT002 |
Microteaching |
2 |
4 |
IS019 |
kajian Buku text IPS |
2 |
5 |
IS040 |
Ekonomi Koperasi |
4 |
6 |
IS042 |
Sosiologi Organisasi |
2 |
7 |
IS043 |
ekonomi Hukum dagang* |
2 |
8 |
IS044 |
Meteorologi dan Klimatologi |
2 |
IS045 |
Sejarah Budaya Lokal* |
2 |
|
Jumlah SKS |
19 |
||
SEMESTER VII |
|||
NO |
|
|
SKS |
1 |
FT005 |
PPL |
4 |
2 |
ISD014 |
KKN |
4 |
Jumlah SKS |
8 |
||
SEMESTER VIII |
|||
NO |
|
SKS |
|
1 |
ISD015 |
Skripsi |
6 |
Jumlah SKS |
6 |
||
Total |
148 |