PROFIL PROGRAM STUDI KIMIA
VISI
Visi program studi Tadris Kimia Institut Studi Islam Sunan Doe adalah: “Menjadi program studi Tadris Kimia yang unggul dalam menghasilkan pendidik kimia profesional, islami, dan berjiwa wirausaha yang mampu bersaing di tingkat nasional dan global.”
MISI
Dalam upaya mewujudkan visi program studi tersebut, misi Program Studi Tadris Kimia Institut Studi Islam Sunan Doe adalah:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Islam yang terintegrasi sains dan teknologi;
- Mewujudkan akademik yang balance dan civitas akademika yang axellence;
- Meningkatkan relevansi mutu kurikulum tadris kimia untuk menciptakan SDM yang unggul (kompeten, kompetitif, berkarakter, dan produktif);
- Meningkatkan mutu pendidikan, pengajaran kimia, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang kimia;
- Mengimplementasikan ilmu enterprenenurship (membuat produk kimia industri dan membangun sistem kemitraan dengan industri dan bisnis) untuk mendukung kualitas dan relevansi kegiatan pengajaran dan penelitian dalam bidang kimia;
- Menciptakan lingkungan kampus yang bilingual menuju kehidupan akademik milenial mengglobal.
TUJUAN
Tujuan didirikannya Program Studi Tadris Kimia adalah sebagai berikut:
- Membentuk karakter islami pada civitas akademika dengan menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran islam yang terintegrasi sains dan teknologi;
- Mencetak civitas akademika yang unggul dan berkompetensi dengan melakukan pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan zaman;
- Meningkatkan keterampilan dan life skill civitas akademika dengan menanamkan jiwa entrepreneur dan mengimplementasikannya baik dalam penelitian maupun pengabdian masyarakat dalam bidang kimia;
- Menyiapkan lulusan yang berdaya saing global dengan mengembangkan bahasa di lingkungan kampus;
- Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kimia, tehnologi, dan agama serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan Nasional.
SEJARAH
Prodi Tadris Kimia merupakan salah satu prodi dari tiga prodi yang berada dalam naungan Fakultas Tarbiyah dan Tadris Sains Institut Studi Islam Sunan Doe yang disahkan bersamaan dengan lima Prodi lainnya di bawah naungan Institut. Sebelum mendapatkan SK pendirian dari Kementerian Agama RI, Prodi Tadris Kimia dan lima prodi lainnya atau Institut Studi Islam sunan Doe terlebih dulu melehati Visitasi oleh pihak Kementerian agama dan badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN-PT) pada 24 Desember 2018. Pada tanggal 13 November 2019, Institut Studi Islam Sunan Doe resmi diakui secara nasional dengan dikeluarkannya akreditasi minimum oleh BAN-PT dengan nomor SK BAN-PT nomor 61 /SK/BAN-PT/Min-Akred?XI/2019. Izin prodi Tadris Kimia pada Fakultas Tarbiyah dan Tadris Sains sekaligus izin pendirian isntitut ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 239 Tahun 2020 tertanggal 10 Maret 2020 tentang pendirian Institut Studi Islam Sunan Doe. Berdasarkan SK akreditasi dan pendirian Institut di atas maka dimulailah proses belajar mengajar semenjak 2020.
STAF PENGAJAR/DOSEN
Prodi Tadris Kimia memiliki SDM atau staf pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan yang mumpuni dibidangnya dan dengan jumlah yang memadai. Semua dosen yang mengajar di Prodi Tadris Kimia telah menyelesaikan pendidikan S2 mereka di beberapa kampus ternama. Adapun jumlah dosen yang mengajar di prodi Tadris Kimia terdiri dari lima dosen tetap. Jumlah dosen akan diupayakan ditambah sesuai dengan kebutuhan dan jumlah mahasiswa yang diajarkan. Penerimaan calon dosen dilakukan secara transparan dan terbuka bagi yang memiliki kualifikasi yang sesuai.
Adapun dosen-dosen prodi Tadris Kimia antara lain:
No |
Nama Dosen |
Jabatan |
1 |
Baiq Anita Febriana, M.Pd |
Ketua Prodi Tadris Kimia |
2 |
Renda Suri Pratimi, M.Pd |
Wakil Rektor I |
3 |
Urwatil Wustqo Amry, M.Pd |
Wakil Rektor II |
4 |
Mardhika Surachman, M.Pd |
Dosen Tetap |
5 |
Mujadalah, M.Pd |
Dosen Tetap |
6 |
Muh. Rangga Wali,M.Pd |
Dosen Tetap |
CAPAIAN LULUSAN YANG DIHARAPKAN
No |
Profil Lulusan (PL) |
Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 |
Pendidik/Pengajar Kimia |
Pendidik/pengajar yang kompeten dalam bidang pengetahuan konseptual dan prosedural materi Kimia, berakhlak mulia, berwawasan keislaman, menguasai integrasi, interkoneksi, dan internalisasi nilai Islami, serta memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu Kimia dan pembelajarannya. |
PL2 |
Pengembang Bahan Ajar |
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Kimia pada sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK) dan bidang Kimia yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislama, keilmuan dan keahlian. |
PL3 |
Pengelola Laboratorium Kimia |
Pengelola Laboratorium Kimia sebagai Laboran yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengelolaan laboratorium Kimia yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian |
PL4 |
Entrepreneur |
Entrepreneur yang mampu berusaha sendiri maupun bekerja bersama orang lain untuk menghasilkan dan/atau mengelola barang dan jasa dalam bidang keilmuan maupun pendidikan Kimia dengan proses yang berorientasi pada nilai-nilai Islami. |
PL5 |
Peneliti |
Sebagai peneliti/asisten peneliti pada bidang keilmuan maupun Pendidikan Kimia |
SEBARAN MATA KULIAH
Untuk menunjang proses belajar mengajar tentu prodi Tadris Kimia berpedoman pada kurikulum yang sudah ditetapkan yang menentukan mata kuliah yang akan diambil oleh mahasiswa. Jumlah mata kuliah yang tersedia ialah 63 mata kuliah atau 152 SKS secara keseluruhan. Mata kuliah tersebut terdiri dari 59 mata kuliah wajib sebesar 144 SKS dan 4 mata kuliah pilihan sebesar 8 SKS. Semua mata kuliah wajib harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa sementara mata kuliah pilihan mahasiswa diharuskan menyelesaikan minimal dua mata kuliah pilihan. Adapun sebaran mata kuliah yang telah ditetapkan sebagai berikut:
Kode |
Mata Kuliah |
Semester |
SKS |
NA001 |
Kewarganegaraan dan Antikorupsi |
1 |
2 |
ISD001 |
English for Communication |
1 |
2 |
ISD002 |
Bahasa Arab |
1 |
2 |
ISD003 |
Information Technology (IT) |
1 |
2 |
ISD004 |
Akidah Akhlaq |
1 |
2 |
FTS001 |
Psikologi Pendidikan |
1 |
2 |
CEM001 |
Kimia Dasar I |
1 |
3 |
CEM002 |
Praktikum Kimia Dasar I |
1 |
1 |
CEM005 |
Biologi Dasar |
1 |
3 |
CEM006 |
Matematika Dasar |
1 |
3 |
CEM031 |
Pengelolaan Laboratorium |
1 |
2 |
NA002 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
ISD005 |
Fiqih dan Tasawuf |
2 |
2 |
FTS002 |
English for Specific Purposes |
2 |
2 |
FTS003 |
Profesi Keguruan |
2 |
2 |
CEM003 |
Kimia Dasar II |
2 |
3 |
CEM004 |
Praktikum Kimia Dasar II |
2 |
1 |
CEM007 |
Fisika Dasar |
2 |
3 |
CEM033 |
Belajar dan Pembelajaran |
2 |
2 |
CEM034 |
Problematika Pembelajaran Kimia |
2 |
3 |
CEM035 |
Pengembangan Kurikulum Kimia |
2 |
3 |
ISD006 |
Pengembangan Karakter Islami |
3 |
2 |
ISD007 |
Tahfiz dan Dakwah |
3 |
2 |
CEM009 |
Kimia Analitik I |
3 |
3 |
CEM012 |
Kimia Fisika I |
3 |
3 |
CEM024 |
Chemical Industry I |
3 |
3 |
CEM025 |
Praktikum Chemical Industry I |
3 |
1 |
CEM036 |
Strategi Pembelajaran Kimia |
3 |
2 |
CEM037 |
Pengembangan Program Pembelajaran Kimia |
3 |
3 |
CEM038 |
Pengembangan Media Pembelajaran Kimia |
3 |
3 |
ISD008 |
Al-Quran dan Hadist |
4 |
2 |
ISD009 |
Enterpreneurship |
4 |
2 |
CEM009 |
Kimia Analitik II |
4 |
3 |
CEM010 |
Praktikum Kimia Analitik |
4 |
1 |
CEM013 |
Kimia Fisika II |
4 |
3 |
CEM015 |
Kimia Anorganik I |
4 |
3 |
CEM026 |
Chemical Industry II |
4 |
3 |
CEM027 |
Praktikum Chemical Industry II |
4 |
1 |
CEM028 |
Ikatan Kimia |
4 |
2 |
CEM039 |
E-Learning Kimia |
4 |
2 |
ISD010 |
Filsafat Islam (Pengantar Studi Islam) |
5 |
2 |
FTS004 |
Evaluasi Pendidikan |
5 |
2 |
FTS005 |
Statistika |
5 |
3 |
CEM008 |
Kimia Sekolah |
5 |
2 |
CEM014 |
Praktikum Kimia Fisika |
5 |
1 |
CEM016 |
Kimia Anorganik II |
5 |
3 |
CEM017 |
Praktikum Kimia Anorganik |
5 |
1 |
CEM018 |
Kimia Organik I |
5 |
3 |
CEM021 |
Biokimia I |
5 |
3 |
CEM030 |
Radiokimia |
5 |
2 |
FTS006 |
Metodologi Penelitian |
6 |
3 |
FTS007 |
Analisis Masalah dan Kebutuhan Masyarakat |
6 |
2 |
FTS008 |
Microteaching |
6 |
2 |
CEM019 |
Kimia Organik II |
6 |
3 |
CEM020 |
Praktikum Kimia Organik |
6 |
1 |
CEM022 |
Biokimia II |
6 |
3 |
CEM023 |
Praktikum Biokimia |
6 |
1 |
CEM041 |
Kimia Lingkungan*) |
6 |
2 |
CEM042 |
Kimia Bahan Makanan*) |
6 |
2 |
CEM043 |
Organologam*) |
6 |
2 |
CEM044 |
Kimia Polimer*) |
6 |
2 |
ISD011 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) |
7 |
4 |
FTS009 |
PPL |
7 |
4 |
CEM040 |
Seminar Kimia |
7 |
2 |
ISD012 |
Skripsi |
8 |
6 |